JURNAL

ISSN : 2339 - 1278

Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

Jl. Brawijaya No. 101, Ring Road Selatan, Yogyakarta

E-mail : [email protected]
Fax/Telp. (0274) 2818878

Pedoman Penulisan Jurnal

STANDAR PENULISAN ARTIKEL
PADA JURNAL ILMIAH ALBAMA
AKADEMI MANAJEMEN ADMINISTRASI YOGYAKARTA

Jurnal Ilmiah Albama menerima naskah hasil penelitian, ulasan artikel atau gagasan ilmiah asli atau resensi buku, yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Mengingat penyajian artikel dalam Jurnal Ilmiah Albama memerlukan keseragaman dan mudah untuk dibaca. Maka diperlukan standara penulisan artikel dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jenis Huruf (font) ditentukan Arial dengan ukuran 11 point.
  2. Judul singkat, informatif, dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  3. Dibawah judul ada adalah nama penulis tanpa gelar, dan tidak boleh disingkat.
  4. Setiap artikel harus disertai abstrak yang diketik dengan huruf miring (italiczed fonts) dalam bahasa Inggris untuk artikel berbahasa Indonesia, dan abstrak dalam bahasa Indonesia untuk artikel berbahasa Inggris.
  5. Kata kunci atau Keywords ditulis langsung setelah abstrak pada baris baru.
  6. Sub-judul bab yang berupa rincian disertai nomor urut.
  7. Setiap artikel harus disertai daftar pustaka.
  8. Pengiriman artikel disertai softcopy data (CD) dan biodata penulis.
  9. Artikel diketik spasi 1.15, dan panjang halaman artikel 20-25 halaman (termasuk daftar pustaka dan lampiran).
  10. Sistematika Penulisan dalam naskah adalah: Pendahuluan, Landasan Teori, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, dan Daftar Pustaka.
  11. Daftar Pustaka

Contoh Penulisan Daftar Pustaka:

a. Artikel Jurnal:

Na’im, Ainun dan Setiawati, Lilis (2000), “Manajemen Laba”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 15, No.4.

FE-UGM Yogyakarta Bower, Amanda B, Landreth S, (2001), “Is Beauty Best? Highly versus normally Attractive Models in Advertising”, Journal of Advertising, Volume XXX

b. Buku Teks:

Kasali, Renald, (1999), Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasi di Indonesia, PAU-Ekonomi UI, Jakarta.

Kotler, Philip. (2000), Marketing Manajement: Analysis, Planning, Implementation, and Control, The Milennium Edition, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

c. Artikel dalam Proceeding atau Kumpulan Karangan:

Petty, R. E; J. R. Priester and D. T. Wegener (1994), “Cognitive Processes in attitude change.” In R. S. Wyer and T. K. Srull (eds), Handbook of Social Cognition, Vol. 3: Application, 2nd ed. Hillsdale, NJ: Erlbaum.

 d. Skripsi:

Prabowo, Agung, (2003), “Analisis Kepuasan Konsumen Produk Nokia”,  Skripsi Sarjana Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda Yogyakarta (tidak dipublikasikan)

e. Basis Data Tanpa Penulis:

Biro Pusat Statistik (2002), Statistik Indonesia Jakarta, Indonesia.

f. Artikel Tanpa Penulis:

World Executive’s Digest (1997), From the Ground Up. (March), pp. 26-30.

g. Kumpulan Peraturan:

Sinar Grafika (1999), Undang-Undang Otonomi Daerah 1999. Jakarta, Indonesia.

h. Lebih Dari Tiga Penulis:

Judge, George G., Etal., (1988), Introduction to the theory and

Practice of Econometrics. Kanada: John Wiley & Sons Inc.

i. Informasi Dari Internet:

Effendi, Arif Roesman. 2008. “Pemekaran Wilayah Kabupaten/Kota”. Summary Report. Melalui: http://pustakaonline.wordpress.com. (14/11/2008)

  1. Apabila dalam naskah terdapat gambar, grafik, tabel dan sebagainya, hendaknya disajikan secara proporsional, baik dan rapi.
  2. Redaksi berhak mengubah naskah dengan tidak mengurangi pokok isi tanpa ijin penulis.
  3. Keputusan diterima untuk diterbitkan, ditolak dan atau disusun ulang sesuai peraturan pemuatan naskah, menjadi hak dewan direksi.
Search