JURNAL

ISSN : 2339 - 1278

Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

Jl. Brawijaya No. 101, Ring Road Selatan, Yogyakarta

E-mail : [email protected]
Fax/Telp. (0274) 2818878

Detail Jurnal

PENGARUH PERSEDIAAN PERALATAN BARANG MEDIS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI RS CONDONG CATUR SLEMAN YOGYAKARTA

Volume :Volume 12 Nomor 1
Penulis : Ary Subiyantoro
Kategori : Manajemen
Baca : PDF
Unduh : Download

Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Dalam pelaksanananya rumah sakit harus mampu melaksanakan pelayanan medis, penunjang medis, pelayanan medis tambahan, penunjang medis tambahan, kedokteran kehakiman, medis khusus, rujukan kesehatan, kedokteran gigi, kedokteran sosial, penyuluhan kesehatan, pelayanan administrasi, pendidikan tenaga medis, medis spesialis dan penelitian dan pengembangan kesehatan dan penyelidikan epidemiologi (Undang Undang Kesehatan Republik Indonesia No 44 Tahun 2009).

Tingkat pelayanan optimal rumah sakit mengacu kepada pengadaan sarana, prasarana dan memaksimalkan kinerja para sumber daya yang sesuai dengan prosedur tetap  dan aturan yang ada di rumah sakit yang harus dikelola dengan baik dalam bentuk manajemen. Salah satu manajemen sistem pelayanan yang harus ada di rumah sakit yaitu manajemen logistik. Manajemen logistik terbagi dua, manajemen logistik umum dan farmasi. Manajemen logistik umum menyangkut penyediaan kebutuhan yang terbatas pada alat-alat rumah tangga. Sedangkan logistik farmasi menyangkut persediaan alat kesehatan di rumah sakit yang meliputi penyediaan obat, persedian bahan kimia, persedian gas medik dan peralatan kesehatan (Febriawati, 2013)

Search