Jl. Brawijaya No. 101, Ring Road Selatan, Yogyakarta
E-mail : [email protected]
Fax/Telp. (0274) 2818878
Abtraksi
Pelaksanaan pembangunan nasional tidak dapat dilepaskan dari aspek sumber daya manusia (SDM), dimana manusia adalah motor penggerak dalam pembangunan dan merupakan sasaran dari pembangunan itu sendiri. Pencapaian tujuan nasional seperti yang tercantum dalam dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 diseleggarakan upaya pembangunan yang berkesinambungan dengab rangkaian program pembangunan yang menyeluruh terarah dan terpadu. Upaya pembangunan ini diharapkan dapat mewujudkan suatu tingkat kehidupan masyarakat secara optimal, termasuk peningkatan kesehatan masyarakat tersebut, baik sehat secara jasmani maupun sehat secara rohani.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan yang terdiri dari variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan masyarakat di UPT Puskesmas Mranti Purworejo, baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling besar dari kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di UPT Puskesmas Mranti Purworejo.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan yang terdiri dari variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty berpengaruih signifikan terhadap kepuasan masyarakat di UPT Puskesmas Mranti Purworejo, baik secara parsial maupun simultan. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar dari kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di UPT Puskesmas Mranti Purworejo adalah Responsiveness.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Puskesmas