Jl. Brawijaya No. 101, Ring Road Selatan, Yogyakarta
E-mail : [email protected]
Fax/Telp. (0274) 2818878
Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kepuasan Pegawai Puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, DIY. Penelitian ini menggunakan variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty sebagai variabel bebas untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kepuasan pegawai puskesmas sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak ada pengaruh kualitas pelayanan yang tangibles (berwujud) terhadap kepuasan pegawai puskesmas, 2) Tidak ada pengaruh kualiatas pelayanan yang reliability (kehandalan) terhadap kepuasan pegawai puskesmas, 3) Ada pengaruh kualiatas pelayanan yang responsiveness (respon/ketanggapan) terhadap kepuasan pegawai puskesmas, 4) Tidak ada pengaruh kualiatas pelayanan yang assurance (jaminan) terhadap kepuasan pegawai puskesmas, 5) Tidak ada pengaruh kualiatas pelayanan yang emphaty (empati) terhadap kepuasan pegawai puskesmas, 6) Kualitas pelayanan meliputi tangibles (berwujud), reliability (kehandalan), responsiveness (respon/ ketanggapan), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pegawai puskesmas, 7) Responsiveness (respon/ ketanggapan) memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan pegawai puskesmas, dan 8) kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan pegawai puskesmas (Y) sebesar 36%.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pegawai Puskesmas.