Jl. Brawijaya No. 101, Ring Road Selatan, Yogyakarta
E-mail : [email protected]
Fax/Telp. (0274) 2818878
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, serta persaingan yang semakin ketat dalam dunia kesehatan, menuntut setiap perusahaan merancang strategi yang tepat dalam menjalankan usahanya. Sebagai organisasi pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Dr Soetarto membutuhkan analisis strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan pasar serta membangun image organisasi. Untuk menganalisis strategi pemasaran, digunakan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threats) sehingga dapat diketahui posisi Rumah Sakit dilihat dari faktor-faktor internal maupun eksternal organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi Rumah Sakit, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien Rumah Sakit TK III 04.06.03 DR Soetarto Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif observasional. Pengumpulan data digunakan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 75 responden. Dari hasil penelitian ini menyatakan nilai IFAS Rumah Sakit adalah 2.485 dan nilai EFAS Rumah Sakit adaah 2.514. Dari matrik internal eksternl diketahui bahwa posisi Rumah Sakit terletak pada kuadran V.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threats