JURNAL

ISSN : 2339 - 1278

Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

Jl. Brawijaya No. 101, Ring Road Selatan, Yogyakarta

E-mail : [email protected]
Fax/Telp. (0274) 2818878

Detail Jurnal

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSA UGM YOGYAKARTA

Volume :Volume 10
Penulis : Ary Subiyantoro
Kategori : Manajemen
Baca : PDF
Unduh : Download

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi BPJS terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara dengan instrument pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data mengunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisi kolerasi dan regresi sederhana, koefsien determinasi dan uji signifikansi (uji t). Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 28.972 + 026 X, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terdapat pengaruh terhadap kepuasan pasien, kolerasi kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien sebesar 0,65 %, meunjukkan bahwa kedua variable berkolerasi sedang.

 

Kata kunci: pengertian pengaruh, pengertian kualitas, administrasi, BPJS, pasien, kepuasan, dan rumah sakit.

Search