Jl. Brawijaya No. 101, Ring Road Selatan, Yogyakarta
E-mail : [email protected]
Fax/Telp. (0274) 2818878
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi BPJS
terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah
Mada Yogyakarta. Teknik
Pengumpulan data melalui wawancara dengan instrument pengumpulan data berupa
kuesioner. Teknik analisis data mengunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisi
kolerasi dan regresi sederhana, koefsien determinasi dan uji signifikansi (uji
t). Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 28.972
+ 026 X, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terdapat pengaruh terhadap
kepuasan pasien, kolerasi kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien sebesar
0,65 %, meunjukkan bahwa kedua variable berkolerasi sedang.
Kata kunci:
pengertian pengaruh, pengertian kualitas, administrasi, BPJS, pasien, kepuasan,
dan rumah sakit.